Proses dan Teknik Supervisi Pendidikan Islam

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Ratu Atikah Sukainten
Iif Nasikhatul Ummah
Fahad Achmad Sadat
Delis Sri Maryati

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mengetahui: 1) HakikatSupervisi Pendidikan Agama Islam; 2)TujuanSupervisi Pendidikan Agama Islam; 3) Proses dan Teknik Supervisi Pendidikan Agama Islam. Artikel ini menggunakan metode studi literatur dengan cara mengumpulkan literatur (bahan-bahan materi) yang bersumber dari berbagai macam jurnal, internet dan buku yang ditulis oleh orang-orang yang faham tentang HakikatSupervisi Pendidikan Agama Islam, TujuanSupervisi Pendidikan Agama Islam, Proses dan Teknik Supervisi Pendidikan Agama Islam. Berdasarkan penjelasan yang sudah dipaparkan, maka dapat diambil kesimpulan sebagai berikut: Supervisi sangat membantu dalam pengembangan situasi belajar mengajar untuk mencapai kondisi kerangka kerja yang lebih baik. Walaupun tujuan akhirnya adalah hasil belajar siswa, namun prioritas dalam supervisi adalah bantuan untuk guru. Menurut pelaksanaannyaproses supervise dibagi menjadi lima yaitu supervise korektif, supervisi preventif, supervisi konstruktif, supervise kreatif dan supervisi kooperatif. Ditinjau dari tekniknya supervise dibagi menjadi dua kelompok besar, yaitu teknik supervise individu dan teknik supervise kelompok. Teknik supervisi individu dibagi menjadi kunjungan kelas, observasi kelas, pertemuan individual, kunjungan antar kelas dan penilaian diri. Teknik supervise kelompok adalah cara untuk menerapkan program pengawasan yang ditujukan untuk dua orang atau lebih. Terdapat tiga belas teknik supervise kelompok, yaitu kepanitiaan-kepanitiaan, kerja kelompok, laboratorium kurikulum, baca terpimpin, demonstrasi pembelajaran, darmawisata, kuliah/studi, diskusi panel, perpustakaan jabatan, organisasi  professional, buletin supervise, pertemuan  guru, lokakarya atau konferensi kelompok.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Atikah Sukainten, R., Ummah, I. N., Sadat, F. A., & Maryati, D. S. (2023). Proses dan Teknik Supervisi Pendidikan Islam. TANZHIMUNA, 2(2), 221-235. https://doi.org/10.54213/tanzhimuna.v2i02.198