RENCANA STRATEGIS PENDIDIKAN BERBASIS BALANCED SCORECARD

Lila Setiyani

Sari


Pendidikan adalah usaha untuk mencerdasakan kehidupan bangsa. Institusi pendidikan sebagai penyelenggaraan pendidikan dituntut untuk dapat melaksankan tugasnya dengan baik sesuai dengan harapan masyarakat dan pemerintah. Penyelenggaraan pendidikan tidak akan berjalan dengan baik tanpa ada perencanaan yang matang, untuk itu dibutuhkan sebuah pendekatan yang dapat digunakan untuk mendongkrak kemampuan organisasi dalam menyelanggarakan pendidikan. Salah satu dari alat yang dapat digunakan untuk merencanakan penyelenggaraan pendidikan yaitu Balanced Scorecard. untuk itu dalam penelitian ini akan membahas adopsi konsep Balanced Scorecard dalam penyusunan rencana strategi pendidikan.


Kata Kunci


Balanced Scorecard; rencana strategis

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


belajarpsikologi. (2018, 03 13). Pengertian Pendidikan menurut Ahli. Retrieved from belajarpsikologi.com: http://belajarpsikologi.com/pengertian-pendidikan-menurut-ahli/

Eko Indrajit, D. (2006). Manajemen Perguruan Tinggi Modern . Edisi Pertama. Yogyakarta: CV. ANDI OFFSET.

Mulyadi. (2001). Balanced Scorecard, Alat Manajemen Kontemporer untuk Pelipatganda Kinerja Keuangan Perusahaan . Edisi Pertama cetakan Pertama. Yogyakarta: Salemba Empat.

Mulyadi. (2007). Sistem Terpadu Pengelolaan Kinerja Personel Berbasis Balanced Scorecard. Yogyakarta: Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen YKPN.

Nahrowi, M. (2017). Perencanaan Strategis Dalam Penyelenggaraan Pendidikan di Madrasah. Falasifa, 59.

Prasetyo, V. W. (2008). Balanced Scorecrad Sebagai Aplikasi dalam Perencanaan Strategi Perguruan Tinggi (Studi Teoritis pada Program Studi Teknik Industri Universitas Widya Mandala Madiun). Jurnal Teknik, 22.

Rangkuti, F. (2001). Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis - Reorientasi Konsep Perencanaan Strategis untuk Menghadapi Abad 21. Cetakan ke delapan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Tunggal, A. W. (2002). Memahami Konsep Balance Scorecard Cetakan kedua. Jakarta: Harvarindo.

Umar, H. (2001). Strategic Management in Action. Jakarta: PT. Gramedia.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.