PERAN KEPALA MADRASAH SEBAGAI SUPERVISOR TERHADAP PENINGKATAN ETOS KERJA GURU DALAM PEMBELAJARAN SISWA

Kiki Wakhidah Fikriyati

Sari


Di abad ke 21 ini, pendidikan menjadi semakin penting untuk menjamin peserta didik memiliki keterampilan belajar dan berinovasi, keterampilan menggunakan teknologi dan media informasi, serta dapat bekerja, dan bertahan dengan menggunakan keterampilan untuk hidup (life skills). Studi ini bertujuan untuk mengkajisecara mendalam tentang paradigma pendidikan Islam abad 21. Studi ini mengadopsi penelitian kepustakaan (Library Research) dimana berisi koleksi materi yang mendalam pada satu atau beberapa subjek. Adapun subyek atau materi yang dikaji dalam studi ini adalah mengenai. Secara umum dapat disimpulkan bahwa sistem pendidikan kecakapan hidup yang diselenggarakan di Pondok Pesantren Modern telah mencapai tujuannya yakni peningkatan terhadap kemandirian santri. Peningkatan kemandirian santri ditandai dengan adanya kemandirian secara emosional, kemandirian perilaku, dan kemandirian nilai bahkan terbentuknya kemandirian secara ekonomi seiring dengan meningkatnya ranah kognitif (cognitive domain), ranah psikomotorik (psychomotor domain), dan ranah afektif (afective domain) santri.

Kata Kunci


Kualitatif; kepala sekolah; etos kerja; guru

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Bafadal, I. Supervisi Pengajaran (Teori da Aplikasinya dalam Membina Profesional Guru). Jakarta: Bumi Aksara

Burhanuddin, Y. 1998. Administrasi Pendidikan.Bandung: Pustaka Setia

Hasan, A.Z. 2000. Perlawanan dari Tanah Pengasingan: Kiai Abbas, Pesantren Buntet dan Bela Negara, Elsas, Jakarta

Hasan, T. 2004. Islam & Masalah Sumber Daya Manusia. Jakarta: Lantabora Press

Ismail, F. 2003. Masa Depan Pendidikan Islam Di Tengah Kompleksitas Tantangan Modernitas, Jakarta: PT. Bakti Aksara Persada

Mulyasa, E. 2003. Manajemen Berbasis Sekolah. Bandung: Remaja Rosdakarya

Nawawi, H. 1989. Organisasi Sekolah dan Pengelolaan Kelas Sebagai Lembaga Pendidikan. Jakarta: CV. Haji Masagung, Jakarta

_______. 1995. Administrasi Pendidikan. Jakarta: PT. Toko Gunung Agung

Pemerintah Republik Indonesia. 2003. UU Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Cemerlang

Sahertian, P.A. 2000. Konsep Dasar & Teknik Supervisi Pendidikan Dalam Rangka Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta: Rineka Cipta

Sudijono, A. 1981. Pengantar Statistika Pendidikan. Jakarta: Rajawali

Suparta, M. dan Aly, H.N. 2003. Metodologi Pengajaran Agama Islam. Jakarta: Amissco

Wijaya, C. & Rusyan, A.T. 1994. Kemampuan Dasar Guru dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.