Implementasi Strategi Card Sort Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar PAI Pada Materi Meraih Kesuksesan Dengan Optimis, Ikhtiar dan Tawakal

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Yoyoh Kuswara
Mulyasa.E
Aryani.D

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, pendukung dan penghambat Penerapan strategi card sort untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar pendidikan agama Islam pada materi mencapai keberhasilan dengan analisis optimisme, usaha dan kepercayaan Penelitian deskriptif analisis di kelas IX A SMP Negeri 1 Rancakalong Kabupaten Sumedang. Metode yang digunakan peneliti adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perencanaan pembelajaran PAI K-13 telah disusun oleh pemerintah dimana guru PAI hanya melaksanakannya. Pelaksanaan materi pembelajaran PAI untuk mencapai keberhasilan dengan optimisme, usaha dan kepercayaan menggunakan pendekatan saintifik dengan strategi card sort untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Adapun faktor pendukung penerapan strategi sortir kartu dalam pembelajaran PAI materi perawatan jenazah di SMP Negeri 1 Rancakalong Kabupaten Sumedang antara lain: guru, siswa, lingkungan belajar dan fasilitas untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Sedangkan faktor penghambatnya adalah dengan mengandalkan strategi dan metode pembelajaran yang lebih fokus pada sistem hafalan sehingga motivasi dan hasil belajar siswa menjadi rendah. Penggunaan strategi card sort dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa menjadi baik.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Kuswara, Y., Mulyasa.E, & Aryani.D. (2021). Implementasi Strategi Card Sort Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar PAI Pada Materi Meraih Kesuksesan Dengan Optimis, Ikhtiar dan Tawakal . TANZHIMUNA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 73-89. https://doi.org/10.54213/tanzhimuna.v1i1.65