MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA DALAM MENUNJANG PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK

Authors

  • Qistin Toniyah Zamrud

DOI:

https://doi.org/10.54213/tanzhimuna.v3i02.377

Keywords:

Manajemen Sarana Prasarana Pendidikan, Madrasah Tsanawiyah

Abstract

Penelitian ini menguraikan pelaksanaan manajemen sarana prasarana di MTs NU Putri 3 Buntet Pesantren Cirebon menggunakan metode kualitatif dan pendekatan studi kasus. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi dari berbagai sumber, serta dianalisis dengan langkah-langkah seperti pengumpulan, reduksi, display, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen sarana prasarana di MTs NU Putri 3 Buntet Pesantren melibatkan proses perencanaan, pengadaan, pemeliharaan, dan pengawasan. Dalam tahap perencanaan, terdapat penyusunan daftar kebutuhan, estimasi biaya, penentuan prioritas, dan perencanaan pengadaan. Adapun pengadaan melibatkan metode seperti pembelian, hibah, sewa, pinjaman, dan rekondisi. Tim pemeliharaan bertanggung jawab atas pemeliharaan rutin dan berkala, serta melakukan evaluasi. Pengawasan dilakukan oleh Wakil Kepala Sekolah Bidang Sarana dan Prasarana, termasuk pelaporan hasil kepada kepala sekolah, penyusunan laporan pengawasan, dan pelaporan kepada yayasan setiap enam bulan dan setahun sekali.

Downloads

Published

2024-03-21

How to Cite

MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA DALAM MENUNJANG PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK. (2024). TANZHIMUNA : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(02), 132-143. https://doi.org/10.54213/tanzhimuna.v3i02.377