Internalisasi Nilai-Nilai Toleransi Melalui Pendidikan Agama Islam

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Afif Gita Fauzi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis internalisasi nilai-nilai toleransi melalui Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi kepustakaan atau library research. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif-kritis. Penelitian memfokuskan pada kemampuan untuk menganalisis dan menelaah dari sumber-sumber kepustakaan yang telah dikumpulkan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) mengetahui internalisasi nilai-nilai toleransi melalui Pendidikan agama Islam dengan 8 karakter nilai toleransi yaitu Melakukan pembiasaan pada satuan pendidikan, di rumah, dan lingkungan masyarakat, Pembiasaan menjadi peranan penting, maka pembiasaan dilakukan secara terus-menerus, Karakter sebagai sebuah sifat dan respon situasi yang dimanifestasikan dalam tindakan, Dilakukan secara konsisten, terpola yang tidak disadari, dan konstan, Sinergitas dari berbagai pihak baik sekolah maupun keluarga megniternalisasi nilai toleransi, Memberikan stimulus, Memberikan teguran dalam rangka menegakkan kebenaran, Keteladanan: dari seluruh sivitas sekolah. 2) internalisasi nilai toleransi tidak hanya sebatas materi pelajaran akan tetapi dapat menjadi kebiasaan sehingga membentuk sebuah perilaku. Dengan demikian setiap siswa dapat mencerminkan warga negara yang baik

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Afif Gita Fauzi. (2023). Internalisasi Nilai-Nilai Toleransi Melalui Pendidikan Agama Islam. TANZHIMUNA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(2), 275-279. https://doi.org/10.54213/tanzhimuna.v2i02.177