Pendekatan Teori Gestalt dengan Teknik Kursi Kosong untuk Meningkatkan Tanggung Jawab Belajar Peserta Didik
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan tanggung jawab belajar peserta didik SMP Darussalaf menggunakan pendekatan teori gestalt dengan teknik kursi kosong. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan jenis penelitiannya yaitu studi kasus secara mendalam. Subjek dalam penelitian ini adalah guru bimbingan konseling, wali kelas dan peserta didik. Teknik pengumpulan datanya menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengambilan sampel dari kelas 7 b dan terdapat 8 peserta didik yang rendah dalam tanggung jawabnya. Hasil dari penelitian ini, bahwa peneliti melakukan layanan konseling kelompok pada pendekatan teori gestalt dengan teknik kursi kosong. Dalam hal itu, peserta didik mampu mengungkapkan dan memecahkan masalahnya. Dengan begitu, peserta didik mengalami perubahan dan peningkatan dalam tanggung jawab belajarnya.