https://jurnal.stit-buntetpesantren.ac.id/index.php/tsaqafatuna/issue/feed TSAQAFATUNA : Jurnal Ilmu Pendidikan Islam 2024-06-14T07:31:39+00:00 Muhamad Mujadid muhammad.mujadid@stit-buntetpesantren.ac.id Open Journal Systems <p><strong><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;">Web Jurnal STIT Buntet Pesantren</span></span></strong></p> <p><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;">Jurnal ilmiah berkala terbuka yang dikelola oleh STIT Buntet Pesantren Cirebon. </span><span style="vertical-align: inherit;">Jurnal ini memuat artikel-artikel ilmiah terseleksi dengan frekuensi 2 kali setahun yaitu bulan Mei dan Oktober. </span><span style="vertical-align: inherit;">Fokus kajian bertemakan pendidikan agama islam dari berbagai aspek, baik metode dan teknik pembelajaran, media dan desain pembelajaran, materi dan kurikulum pembelajaran pendidikan agama islam, Manajemen Pendidikan Islam, serta Psikologi Pendidikan Islam.</span></span></p> https://jurnal.stit-buntetpesantren.ac.id/index.php/tsaqafatuna/article/view/337 Penggunaan Media Video Animasi Edukasi Pada Materi Mengenal Huruf Hijaiyah dan Ilmu Tajwid Bagi Siswa Madrasah Ibtidaiyah 2024-05-31T17:44:51+00:00 Fifin Istiqomah Fifin fifinistiqomah678@gmail.com <p><span style="font-weight: 400;">Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan penggunaan video animasi edukasi untuk pengenalan materi huruf hijaiyah dan ilmu tajwid pada siswa madrasah ibtidaiyah. Media video animasi edukasi diterapkan sebagai media pembelajaran yang menggabungkan antara kegiatan merekam dan memainkan gambar bergerak untuk menghasilkan tampilan gerakan. Penelitian</span> <span style="font-weight: 400;">ini</span> <span style="font-weight: 400;">menggunakan</span> <span style="font-weight: 400;">metode</span> <span style="font-weight: 400;">penelitian</span> <span style="font-weight: 400;">kepustakaan</span> <span style="font-weight: 400;">dan</span> <span style="font-weight: 400;">sumber</span> <span style="font-weight: 400;">datanya</span> <span style="font-weight: 400;">adalah</span> <span style="font-weight: 400;">jurnal</span> <span style="font-weight: 400;">akademis</span> <span style="font-weight: 400;">atau</span> <span style="font-weight: 400;">referensi</span> <span style="font-weight: 400;">buku. Teknik</span> <span style="font-weight: 400;">pengumpulan</span> <span style="font-weight: 400;">data</span> <span style="font-weight: 400;">yang</span> <span style="font-weight: 400;">dilakukan</span> <span style="font-weight: 400;">adalah</span> <span style="font-weight: 400;">penelitian</span> <span style="font-weight: 400;">kepustakaan</span> <span style="font-weight: 400;">atau</span> <span style="font-weight: 400;">penelitian</span> <span style="font-weight: 400;">kepustakaan. Metode</span> <span style="font-weight: 400;">ini</span> <span style="font-weight: 400;">mempelajari</span> <span style="font-weight: 400;">buku-buku,</span> <span style="font-weight: 400;">artikel,</span> <span style="font-weight: 400;">jurnal,</span> <span style="font-weight: 400;">website,</span> <span style="font-weight: 400;">dan</span> <span style="font-weight: 400;">literatur</span> <span style="font-weight: 400;">yang</span> <span style="font-weight: 400;">berkaitan</span> <span style="font-weight: 400;">dengan</span> <span style="font-weight: 400;">suatu</span> <span style="font-weight: 400;">masalah</span> <span style="font-weight: 400;">penelitian</span> <span style="font-weight: 400;">untuk</span> <span style="font-weight: 400;">memperoleh</span> <span style="font-weight: 400;">pandangan</span> <span style="font-weight: 400;">dan</span> <span style="font-weight: 400;">validitas</span> <span style="font-weight: 400;">teori,</span> <span style="font-weight: 400;">yang</span> <span style="font-weight: 400;">dapat</span> <span style="font-weight: 400;">dijadikan</span> <span style="font-weight: 400;">informasi</span> <span style="font-weight: 400;">untuk</span> <span style="font-weight: 400;">menganalisis</span> <span style="font-weight: 400;">pembahasan</span> <span style="font-weight: 400;">masalah</span> <span style="font-weight: 400;">penelitian. Hasil</span> <span style="font-weight: 400;">penelitian</span> <span style="font-weight: 400;">ini</span> <span style="font-weight: 400;">bertujuan</span> <span style="font-weight: 400;">untuk</span> <span style="font-weight: 400;">mendeskripsikan</span> <span style="font-weight: 400;">media</span> <span style="font-weight: 400;">animasi</span> <span style="font-weight: 400;">dan</span> <span style="font-weight: 400;">video</span> <span style="font-weight: 400;">edukasi</span> <span style="font-weight: 400;">yang</span> <span style="font-weight: 400;">dapat</span> <span style="font-weight: 400;">mengenalkan</span> <span style="font-weight: 400;">siswa</span> <span style="font-weight: 400;">terhadap</span> <span style="font-weight: 400;">aksara</span> <span style="font-weight: 400;">Hijaiyah</span> <span style="font-weight: 400;">dan</span> <span style="font-weight: 400;">ilmu</span> <span style="font-weight: 400;">tajwid. Ini</span> <span style="font-weight: 400;">juga</span> <span style="font-weight: 400;">meningkatkan</span> <span style="font-weight: 400;">berbagai</span> <span style="font-weight: 400;">keterampilan,</span> <span style="font-weight: 400;">termasuk</span> <span style="font-weight: 400;">perluasan</span> <span style="font-weight: 400;">kosa</span> <span style="font-weight: 400;">kata</span> <span style="font-weight: 400;">dan</span> <span style="font-weight: 400;">keterampilan</span> <span style="font-weight: 400;">kognitif. Setelah</span> <span style="font-weight: 400;">melakukan</span> <span style="font-weight: 400;">proses</span> <span style="font-weight: 400;">analisis,</span> <span style="font-weight: 400;">teori</span> <span style="font-weight: 400;">dan</span> <span style="font-weight: 400;">penelitian</span> <span style="font-weight: 400;">yang</span> <span style="font-weight: 400;">mengkaji</span> <span style="font-weight: 400;">penggunaan</span> <span style="font-weight: 400;">media</span> <span style="font-weight: 400;">video</span> <span style="font-weight: 400;">animasi</span> <span style="font-weight: 400;">edukasi</span> <span style="font-weight: 400;">dalam</span> <span style="font-weight: 400;">kegiatan</span> <span style="font-weight: 400;">belajar</span> <span style="font-weight: 400;">mengajar</span> <span style="font-weight: 400;">untuk</span> <span style="font-weight: 400;">mengenalkan</span> <span style="font-weight: 400;">materi</span> <span style="font-weight: 400;">aksara</span> <span style="font-weight: 400;">Hijaiyah</span> <span style="font-weight: 400;">dan</span> <span style="font-weight: 400;">ilmu</span> <span style="font-weight: 400;">Tajwid</span> <span style="font-weight: 400;">kepada</span> <span style="font-weight: 400;">siswa</span> <span style="font-weight: 400;">Madrasah</span> <span style="font-weight: 400;">Ibtidaiyah</span> <span style="font-weight: 400;">sudah</span> <span style="font-weight: 400;">efektif. Hal</span> <span style="font-weight: 400;">ini</span> <span style="font-weight: 400;">dikarenakan</span> <span style="font-weight: 400;">tampilan</span> <span style="font-weight: 400;">animasi</span> <span style="font-weight: 400;">yang</span> <span style="font-weight: 400;">menarik,</span> <span style="font-weight: 400;">penuh</span> <span style="font-weight: 400;">dengan</span> <span style="font-weight: 400;">warna-warni</span> <span style="font-weight: 400;">yang</span> <span style="font-weight: 400;">unik</span> <span style="font-weight: 400;">dan</span> <span style="font-weight: 400;">gambar-gambar</span> <span style="font-weight: 400;">yang</span> <span style="font-weight: 400;">lucu,</span> <span style="font-weight: 400;">dapat</span> <span style="font-weight: 400;">menarik</span> <span style="font-weight: 400;">perhatian</span> <span style="font-weight: 400;">dan</span> <span style="font-weight: 400;">minat</span> <span style="font-weight: 400;">siswa</span> <span style="font-weight: 400;">untuk</span> <span style="font-weight: 400;">mengikuti</span> <span style="font-weight: 400;">pembelajaran. Hal</span> <span style="font-weight: 400;">ini</span> <span style="font-weight: 400;">juga</span> <span style="font-weight: 400;">membantu</span> <span style="font-weight: 400;">mengurangi</span> <span style="font-weight: 400;">waktu</span> <span style="font-weight: 400;">yang</span> <span style="font-weight: 400;">dibutuhkan</span> <span style="font-weight: 400;">guru</span> <span style="font-weight: 400;">dalam</span> <span style="font-weight: 400;">memberikan</span> <span style="font-weight: 400;">materi</span> <span style="font-weight: 400;">aksara</span> <span style="font-weight: 400;">Hijaiyah</span> <span style="font-weight: 400;">baik</span> <span style="font-weight: 400;">membaca</span> <span style="font-weight: 400;">maupun</span> <span style="font-weight: 400;">menulis. Penelitian</span> <span style="font-weight: 400;">ini</span> <span style="font-weight: 400;">mendeskripsikan</span> <span style="font-weight: 400;">analisis</span> <span style="font-weight: 400;">beberapa</span> <span style="font-weight: 400;">jurnal</span> <span style="font-weight: 400;">akademik</span> <span style="font-weight: 400;">yang</span> <span style="font-weight: 400;">menggambarkan</span><span style="font-weight: 400;"> efisiennya </span><span style="font-weight: 400;">penggunaan</span> <span style="font-weight: 400;">video</span> <span style="font-weight: 400;">animasi</span> <span style="font-weight: 400;">dalam</span> <span style="font-weight: 400;">pembelajaran</span> <span style="font-weight: 400;">ilmu</span> <span style="font-weight: 400;">pengenalan</span> <span style="font-weight: 400;">dan</span> <span style="font-weight: 400;">pengajian</span> <span style="font-weight: 400;">huruf</span> <span style="font-weight: 400;">Hijaiyah</span> <span style="font-weight: 400;">pada</span> <span style="font-weight: 400;">siswa</span> <span style="font-weight: 400;">Madrasah</span> <span style="font-weight: 400;">Ibtidaiyah.</span></p> <p><strong>Kata Kunci:</strong><em><span style="font-weight: 400;">&nbsp; </span></em><strong><em>Media Pembelajaran, Animasi edukasi, Huruf Hijaiyah dan Ilmu Tajwid</em></strong></p> 2024-05-31T17:37:02+00:00 Copyright (c) 2024 TSAQAFATUNA : Jurnal Ilmu Pendidikan Islam https://jurnal.stit-buntetpesantren.ac.id/index.php/tsaqafatuna/article/view/344 Analisis Nilai Moderasi Beragama Dalam Kisah Teladan Nabi Muhammad Pada Sejarah Kebudayaan Islam Di MI 2024-05-31T17:44:59+00:00 Habibah Shofiyah Assyifa 06020721039@student.uinsby.ac.id Zudan Rosyidi zudanrosyidi@uinsa.ac.id <p><strong>Abstrak </strong></p> <p><em>Salah satu mata pelajaran pendidikan agama Islam yang dipelajari siswa mulai dari Madrasah Ibtidaiyah (MI), MTS, MA hingga perguruan tinggi adalah pembelajaran SKI. Mempelajari SKI bermanfaat agar siswa dapat mengenal, memahami dan menghayati berbagai kisah sejarah kebudayaan Islam. Tujuan mempelajari SKI adalah untuk membekali siswa dengan pengetahuan tentang sejarah Islam dan budaya Islam. Dengan cara ini, menanamkan dan membina penghayatan, nilai dan makna yang ada pada&nbsp; sejarah sehingga siswa mamput menerapkan dalam kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan ajaran Islam berdasarkan pengetahuan berbagai fakta sejarah yang ada, membentuk kepribadian dan karakter yang baik dalam diri siswa dengan mencontoh tokoh-tokoh teladan sejarah Islam. </em><em>Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu “analisis isi” dengan data-data yang diambil dalam </em><em>kisah-kisah teladan Nabi Muhammad yang terdapat pada pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MI Kelas 5. </em><em>Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu agar dapat mengidentifikasi nilai-nilai moderasi agama apa saja yang dapat diambil dari kisah teladan pada buku Sejarah Kebudayaan Islam MI.</em></p> 2024-05-31T17:37:48+00:00 Copyright (c) 2024 TSAQAFATUNA : Jurnal Ilmu Pendidikan Islam https://jurnal.stit-buntetpesantren.ac.id/index.php/tsaqafatuna/article/view/361 Penerapan Community based Education Management dalam Mempromosikan Moderasi Beragama di Pondok Pesantren Buntet 2024-05-31T17:45:02+00:00 Ahmad Faiz Hamka ahmad.faizhamka@gmail.com syibromilisi syibro92@gmail.com <p><em>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Penerapan Community based Education Management dalam Mempromosikan Moderasi Beragama di Pondok Pesantren Buntet diasumsikan dapat melahirkan produk kader ulama yang memiliki pandangan keislaman, keindonesiaan, dan kemodernan dalam kaitannya dengan tafaqquh fiddin. Pondok Pesantren Buntet sebagai inti pendidikan menjadi jalan pencerahan menangkal arus radikalisme yang menyasar siswa, santri dan masyarakat. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif, dan metode yang digunakan adalah studi kasus instrumental tunggal. Tahapan pelaksanaan penelitian meliputi (1) Prapenelitian (2) Kerja lapangan (3) Analisis data (4) Menyusun laporan. </em></p> <p><em>Hasil penelitian menunjukkan Pondok Pesantren Buntet dapat melibatkan komunitas secara aktif dengan mengadakan pertemuan rutin yaitu Haul dengan para orang tua santri dan masyarakat sekitar. Dalam acara haul, pengurus pondok pesantren buntet dapat memaparkan program-program pendidikan yang sedang berjalan dan meminta masukan dari para orang tua santri dan masyarakat sekitar. Selain itu juga dapat mengadakan kegiatan-kegiatan yang melibatkan masyarakat sekitar seperti Bahsul Masail, ziarah kubur, dan kegiatan sosial lainnya.</em></p> <p><em>Kemudian terdapat beberapa aspek penting yang dimasukkan ke dalam kurikulum inklusif baik untuk pondok maupun lembaga formal buntet pesantren untuk mempromosikan pemahaman tentang keragaman agama, toleransi, dan dialog antaragama di Pondok Pesantren Buntet. Pertama, pengenalan tentang keragaman agama dan budaya. Kedua, pemahaman tentang toleransi dan saling menghargai. Ketiga, pengenalan tentang dialog antaragama. Keempat, pengenalan tentang hak asasi manusia dan kebebasan beragama. Kelima, pengenalan tentang konflik dan cara mengatasinya.</em></p> 2024-05-31T17:38:28+00:00 Copyright (c) 2024 TSAQAFATUNA : Jurnal Ilmu Pendidikan Islam https://jurnal.stit-buntetpesantren.ac.id/index.php/tsaqafatuna/article/view/381 Eksplorasi Pembelajaran Mata Kuliah Pendidikan Multikultural dalam Menguatkan Nilai Moderasi 2024-05-31T17:45:07+00:00 Neng Wardatushobariah wardatushobariah@gmail.com Rodiyatul Maghfiroh rodiyatulmaghfiroh@gmail.com <p><em>Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan yaitu:1) Pembelajaran PendidikanMultikultural Dalam Meningkatkan Nilai Moderasi Di Stit Buntet Pesantren, 2) Efektifitas Pembelajaran Mata Kuliah Pendidikan Multikultural dalam Meningkatkan Nilai-Nilai Moderasi Beragama Bagi Mahasiswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus untuk menyelesaikan kajian ini. Metode pengumpulan data yang digunakan meliputi wawancara, observasi, dan penyebaran angket. Subjek penelitian terdiri dari dosen yang mengajar mata kuliah Pendidikan Multikultural di semester dua program studi MPI (Manajemen Pendidikan Islam) dan mahasiswa semester dua program studi MPI di STIT Buntet Pesantren Cirebon, dengan jumlah 48 mahasiswa. Hasil dari penelitian ini adalah pembelajaran pendidikan multikultural dalam meningkatkan nilai moderasi di STIT Buntet Pesantren yakni dengan bentuk pembelajaran di kelas pada saat mata kuliah pendidikan multikultural dan dengan bentuk pembelajaran kuliah kerja lapangan yang ada dua kegiatan yaitu Pengenalan Lingkungan Persekolahan (PLP) dan Kuliah Kerja Nyata (KKN).</em></p> 2024-05-31T17:39:17+00:00 Copyright (c) 2024 TSAQAFATUNA : Jurnal Ilmu Pendidikan Islam https://jurnal.stit-buntetpesantren.ac.id/index.php/tsaqafatuna/article/view/391 Pembebasan Kaum Perempuan dalam Tradisi Pendidikan Islam: Analisis Historis dan Kontemporer 2024-06-14T07:31:39+00:00 Subhi Amali Amali subhiamali.futura@gmail.com Andewi Suhartini andewi.suhartini@uinsgd.ac.id <p><em>This research explores complex issues related to Islamic education, social transformation, and gender inequality in society. The method used in this study is the literature review method, which is data collection by identifying relevant literature and then analyzed. The results of this research found that Islamic education not only contains religious aspects, but also reflects long socio-cultural dynamics. Problems such as slavery, colonialism, and power hegemony also influenced the complexity of Islamic education, with acculturation of values extending to various parts of the world. In addition, various views on the backwardness of women from the Structural Functionalism school to Marxist and Socialist feminism provide diverse insights. The importance of critical reflection on the values and practices of Islamic education is also highlighted in creating an inclusive society that supports gender equality. Although the concept of equality between women and men exists in Islam, social reality often does not reflect it, with strict social restrictions, especially regarding the role of women in society. However, views such as those expressed by Mernissi and Islamic historians show that women have equal rights and potential, prompting the need for a review of religious interpretations to create a more inclusive understanding and support gender equality.</em></p> <p><strong>Keywords :</strong><em>&nbsp; </em><em>Education, Women, Gender</em></p> 2024-05-31T17:40:10+00:00 Copyright (c) 2024 TSAQAFATUNA : Jurnal Ilmu Pendidikan Islam https://jurnal.stit-buntetpesantren.ac.id/index.php/tsaqafatuna/article/view/400 Pengaruh Penggunaan Model Quantum Teaching dan Interaksi Teman Sebaya Terhadap Hasil Belajar Fiqih Siswa Kelas VI MIN 3 Pontianak 2024-05-31T17:45:12+00:00 Moslimah Moslimah moslimah244@gmail.com <p>Lembaga pendidikan formal maupun pendidikan non formal tidak terlepas dengan adanya guru sebagai pengajar. Guru mempunyai kewajiban mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi siswa di sekolah dengan kurikulum yang ada. Guru sebagai pendidik memiliki tugas yang sangat banyak. Pembelajaran <em>quantum teaching</em> mencakup petunjuk untuk menciptakan lingkungan belajar yang efektif merancang, menyampaikan isi dan memudahkan proses belajar. Tujuan penelitian ini yaitu: 1. Untuk menganalisis pengaruh penggunaan <em>model Quantum Teaching</em> dan interaksi teman sebaya terhadap hasil belajar Fiqih &nbsp;&nbsp;siswa&nbsp; kelas VI. Untuk menganalisis pengaruh penggunaan model Quantum Teaching terhadap hasil belajar Fiqih &nbsp;&nbsp;siswa&nbsp; kelas VI. 3. Untuk menganalisis pengaruh penggunaan model interaksi teman sebaya terhadap hasil belajar Fiqih &nbsp;&nbsp;siswa&nbsp; kelas VI&nbsp; MIN 3 Pontianak Kalbar. Metode penelitian yang digunakan dengan pendekatan kuantitatif. Hasil penelitin menunjukkan: (1) Terdapat pengaruh yang signifikan menggunakan model <em>Quantum Teaching</em> dan interaksi teman sebaya terhadap hasil belajar Fiqih &nbsp;siswa . (2) Terdapat pengaruh yang signifikan menggunakan model Quantum Teaching terhadap hasil belajar&nbsp; Fiqih&nbsp; siswa. (3) Terdapat pengaruh yang signifikan interaksi teman sebaya terhadap hasil belajar&nbsp; siswa&nbsp; kelas VI&nbsp; di MIN 3 Pontianak Kalbar.</p> 2024-05-31T17:41:06+00:00 Copyright (c) 2024 TSAQAFATUNA : Jurnal Ilmu Pendidikan Islam https://jurnal.stit-buntetpesantren.ac.id/index.php/tsaqafatuna/article/view/413 Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Islam dalam Peningkatan Karakter Religius di MA NU Putra Buntet Pesantren Cirebon 2024-06-04T18:04:24+00:00 Ahmad Yazid Fadin Elmontadzery yazidfadin12@gmail.com Adib Rofiuddin Basori adibrofuddin.basori266@gmail.com Muhamad Mujadid muhamad.mujadid@gmail.com <p><em>Fenomena meningkatnya kenakalan remaja dan perilaku menyimpang di kalangan pelajar Indonesia marak terjadi di Indonesia, hal ini menunjukkan adanya kesenjangan antara tujuan pendidikan Islam dan implementasinya. Nilai-nilai pendidikan Islam seharusnya tidak hanya dipelajari pada ranah kognitif semata, melainkan harus dapat meresap ke dalam pribadi siswa sehingga dapat tercermin dalam karakter keseharian siswa. Namun keberagaman pemahaman keislaman dan lingkungan tentu dapat menjadi faktor penting dalam proses internalisasi nilai-nilai pendidikan Islam. penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi proses internalisasi nilai-nilai pendidikan Islam dalam meningkatkan karakter religius. Dengan pendekatan kualitatif deskriptif, studi ini mengeksplorasi bagaimana proses internalisasi nilai-nilai pendidikan Islam melalui berbagai metode, termasuk wawancara mendalam, observasi, dan analisis dokumen. Temuan Penulisan menunjukkan bahwa proses internalisasi dilakukan melalui kegiatan dalam kurikulum formal dan nonformal. Kegiatan dalam kurikulum formal dilakukan pada setiap mata pelajaran disisipkan nilai-nilai keislaman. Sedangkan pada kegiatan nonformal dilakukan dengan pembiasaan ibadah, ceramah dan kegiatan keagamaan lainnya, serta keteladanan guru dalam berbagai aspek menjadi faktor pendukung proses internalisasi nilai-nilai pendidikan Islam dalam meningkatkan karakter religius siswa</em></p> 2024-05-31T17:41:41+00:00 Copyright (c) 2024 TSAQAFATUNA : Jurnal Ilmu Pendidikan Islam