Penerapan Metode Keteladanan Guru Akidah Akhlak dalam Meningkatkan Akhlakul Karimah Siswa di Madrasah Tsanawiyah Nurul Walidain Ciampea Bogor

Authors

  • Suhada Suhada Sekolah Tinggi Agama Islam Al Hidayah Bogor
  • Ali Maulida Sekolah Tinggi Agama Islam Al Hidayah Bogor
  • samsuddin samsuddin a:1:{s:5:"en_US";s:21:"STAI Al Hidayah Bogor";}

DOI:

https://doi.org/10.54213/jieco.v4i1.461

Keywords:

keteladanan guru, akhlak, akidah akhlak, akhlakul karimah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode keteladanan guru akidah akhlak dalam meningkatkan akhlakul karimah siswa di Madrasah Tsanawiyah Nurul Walidain Ciampea Bogor. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif, sedangkan metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang ada dianalisis dengan metode deskrptif interpretatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode keteladanan guru akidah akhlak dalam meningkatkan akhlakul karimah siswa di Madrasah Tsanawiyah Nurul Walidain berjalan dengan baik dan efektif. Melalui penelitian ini terungkap bahwa keteladalan guru akidah akhlak efektif dalam dalam meningkatkan akhlakul karimah siswa, karena siswa tidak hanya diberikan teori namun ada keteladanan dari guru akidah akhlak.tetapi siswa memperoleh keteladanan dari guru akidah akhlak yang menjadi role model dalam kehidupan sehari-hari.

Downloads

Published

2024-08-15