Model Pembelajaran Pembiasaan dengan Edukasi Youtube

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Nakhma’ussolikhah Nakhma’ussolikhah
Ilman Nafi'an
Septi Gumiandari

Abstract

Sistem pembelajaran di ruang formal memiliki dampak positif dan negative pada mahasiswa di kampus. Adaptasi di lingkungan sekolah menjadi tolak ukur keberhasilan model belajar secara efektif dan efisien. Kekeliruan dalam memahami media online seperti youtube mengakibatkan rendahnya motivasi belajar dan munculnya kejenuhan belajar. tujuan penelitian ini untuk meningkatkan pembelajaran media youtube berbasis edukasi dan pembiasaan positif pada pengembangan sikap. metodologi penelitian ini dengan metode kualitatif desain fenomenologi media digital tempat penelitian di Universita Islam Bunga Bangsa Cirebon, informan kunci terdiri dari informan kunci terdiri mahasiswa semester 2 sebanyak 1 mahasiswa dan 2 dosen, 1 orang tua mahasiswa. analisis chanel youtube nakhma22, muhibbinsyah official, Hasil penelitian ditemukan bahwa kemudahan akses youtube dapat meningkatkan pemahaman dan keterampilan mahasiswa di kampus. Pandangan ini membuktikan bahwa pemanfaatan channel youtube dapat meningkatkan pembiasaan positif dan membantu peserta didik dalam mempelajari media belajar online. Kesadaran diri untuk pemanfaatan media sosial memberikan kontribusi dan perubahan secara signifikan pada pendidik dan peserta didik serta orang tua untuk meningkatkan kolaborasi pembelajaran berbasis kontiunitas dan berkelanjutan. Pembiasaan belajar melalui chanel youtube dapat meningkatkan motivasi dan kebiasaan akses internet sehat  dan chanel edukasi. Kegiatan pembelajaran berbasis internet dapat dilakukan di ruang dan waktu secara fleksibilitas.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##