Pembiasaan Zikir sebagai Sarana Kesadaran Diri dalam Belajar di Madrasah Tsanawiyah
DOI:
https://doi.org/10.54213/jieco.v3i2.370Keywords:
Pembiasaan Zikir, Kesadaran DiriAbstract
Kesadaran diri dalam belajar siswa sangatlah memprihatinkan. Ketidakpedulian siswa terhadap pelajaran memang menurun drastis. Siswa hanya menjalankan rutinitas seharihari di madrasah/sekolah tanpa adanya kesadaran diri dalam belajar. Zikir merupakan solusi dalam dunia pendidikan untuk menyadarkan peserta didik dalam memperoleh ilmu pengetahuan yang berkualitas dan berguna untuk masa depan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yang menekankan observasi, wawancara dan data terkait dalam penelitian. Lokasi penelitian di MTs Al-Sighor. Oleh karena itu, amalan dzikir di madrasah/sekolah sebagai sarana penyadaran diri dalam pembelajaran menjadi sebuah jalan keluar bagi siswa, karena hal ini berkaitan dengan kerjasama Soal Emosi dan Soal Rohani agar peserta didik dan pendidik dapat saling melengkapi.Downloads
Published
2024-01-22
Issue
Section
Articles