Inovasi Pembelajaran Berbasis Out Door di Kafe untuk Mereduksi Bornout
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Abstrak
Paradigma belajar pada umumnya di konsep pada ruang kelas, perpustakaan hal ini dirasakan cukup membosankan model pembelajaran konvensional sulit diterima pada pelajar dan mahasiswa di era teknologi. Perubahan pola belajar memberikan makna kepada pendidik untuk berkembang secara terus menerus, terbentuk inovatif, kreatif, aktif dan dinamis. Tujuan penelitian ini untuk meminimalisir bornout pada mahasiswa Metode penelitian dengan pendekatan kualitatif deskriptif desain fenomenologi. Tempat penelitian di Kopi Dari Hati Jl.Raya Sunan Gunung Jati Cirebon. Terdapat emapat subjek dalam penelitian ini. Teknik analisis data dengan teknik triangulasi. Hasil penelitian mendeskripsikan bahwa mahasiswa di era teknologi memilih belajar di kafe. Situasi dan kondisi kafe dapat membantu mahasiswa untuk belajar mandiri dan menyelesaikan tugas–tugas dengan baik dan cepat. Fasilitas dan suasana kafe yang mendukung memberikan dukungan atmosfer belajar untuk mengurangi bornout. Belajar di kafe memberikan kontribusi semangat, meningkatkan fokus dan konsentrasi belajar dan mengurangi kejenuhan belajar. Prinsip pembelajaran berbasis kafe membangun nuansa keilmuan dari pergeseran paradigma makna dari kafe di kalangan pelajar dan mahasiswa. Perubahan paradigma negative dari kafe sudah terealisasi kini masyarakat, orang tua, pelajar dan mahasiswa dapat memanfaatkan fasilitas kafe untuk membantu pembelajaran dan mengurangi bornout atau kejenuhan belajar.