INTERNALISASI PENDIDIKAN KARAKTER BAGI PRAJA MUSLIM MELALUI PELATIHAN MENTAL KEROHANIAN ISLAM DI IPDN JATINANGOR SUMEDANG

Delis Sri Maryati

Sari


Tujuan umum dari penelitian ini adalah memperoleh gambaran tentang internalisasi pendidikan karakter untuk Muslim sipil melalui pelatihan mental spiritual di IPDN Jatinangor. Sedangkan, tujuan khusus dari penelitian ini adalah mengetahui nilai-nilai karakter yang diinvestasikan dalam pelatihan mental spiritual di IPDN; mencari tahu alasan mengapa penanaman nilai-nilai karakter dalam IPDN melalui pelatihan mental spiritual Islam; menentukan faktor-faktor pendukung dan penghambatan internalisasi pendidikan karakter sipil untuk internalisasi pendidikan karakter sipil untuk Muslim melalui pelatihan mental spiritual di IPDN. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) ada 15 karakter yang ditanamkan melalui latihan mental spiritual Islam di IPDN, ada: religiouos, disiplin, toleransi, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, tanggung jawab, rasa hormat, pembacaan cinta, perawatan lingkungan, kepedulian sosial, jujur, dapat dipercaya, tabligh dan cerdas; 2) Nilai investasi dari alasan untuk karakter sipil Muslim melalui pelatihan mental spiritual, karena ada dua metode yang digunakan bahwa “di antara asuh” menerapkan prinsip silih asah, asih dan asuh dan ing ngarso sung tulodo, ing madyo mangun karso dan tut wuri handayani; 3) Faktor pendukungnya adalah semangat dari civil to religious study, sehingga mereka disiplin dalam proses pelatihan spiritual Islam, budaya kerja sama yang tinggi dan kekeluargaan, ketersediaan mental pelatih spiritual spiritual yang kompeten, kelengkapan sarana dan prasarana kampus, mendukung pemerintah daerah. Sedangkan faktor penghambatnya adalah wawasan keagamaan sipil muslim masih kurang, waktu terbatas, pelatih terbatas; 4) Dampak pendidikan karakter untuk internalisasi sipil Muslim melalui pelatihan mental spiritual Islami di IPDN Jatinangor adalah salam ketika bertemu, selalu mengikuti sholat berjamaah di Mesjid, ikut serta dalam ceramah di Mesjid, selalu membaca Al-Qur'an terputus dia sibuk, banyak muslimah yang memakai pernik di kampus, banyak sunat muslim yang berpuasa pada hari Senin dan Kamis dalam upaya menyeimbangkan spiritual mereka sehingga mereka dapat lebih meningkatkan kinerjanya.

Kata Kunci


Kualitatif; pendidikan karakter; spiritual Islam

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arikunto, Suharsimi. (2002). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Asmani, Jamal. (2011). Buku Panduan Internalisasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Diva Press.

Basrowi dan Suswandi. (2008). Memahami Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rineka Cipta.

Bambang Q, Annes. (2009). Pendidikan Karakter Berbasis Al-Qur’an. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Daradjat, Zakiah .(1994). Kesehatan Mental. Jakarta: CV. Masagung.

Darmiyati ,Zuchdi dkk. (2009). Pendidikan Karakter: Grand Design dan Nilai-nilai Target. Yogyakarta: UNY Press Cetakan I.

Dharma Kesuma, dkk. (2011). Pendidikan Karakter Kajian teori dan praktik di sekolah. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Departemen Pendidikan Nasional. (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat

Bahasa,edisi ke empat. Jakarta: Gramedia pustaka Utama.

--------------, (2003). Kurikulum Berbasis Kompetensi, Standar Kompetensi. Jakarta: Pusat Kurikulum Balitbang Diknas.

Depag RI. (1989), Qur’an dan Terjemahnya, Semarang: CV. Toha Putra.

Eddy Wibowo, Mungin. (2001). Etika dan Moral dalam Pembelajaran. Jakarta: Pusat Antar Universitas

Faisal Ismail, (1988). Paradigma Kebudayaan Islam. Yogyakarta: Titihan Ilahi Press.

Furqon, Muhammad. (2010). Pendidikan Karakter: Membangun Peradaban Bangsa. Surakarta: Yuma Pustaka.

Gunawan, Heri. (2012). Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasi. Bandung: Alfabeta.

Hasanah, Aan. (2012). Pendidikan Karakter Perspektik Islam. Bandung: Insan Komunika.

Hasan, Fathiyah. (1993). Sistem Pendidikan versi Al-Ghazali, Bandung: Al-Ma’arif.

Hasan, Ali, (1988). Tuntunan Akhlak, Jakarta: Bulan Bintang.

Hawa, Said. (1977). Al-Islam. Maktabah Wahdah.

Hidayatullah, M. Furqon. (2010). Pendidikan Karakter: Membangun Peradaban Bangsa, Surakarta: Yuma Pustaka.

Isna Aunillah, Nurla. (2011). Panduan Menerapkan Pendidikan Karakter di Sekolah, Jakarta: Laksana

Kartini, (2000). Hygiene Mental: Bandung: CV. Mandar Maju.

Kemdiknas. (2010). Desain Induk Pendidikan Karakter. Jakarta.

Kesuma, Dharma dkk. (2011) Pendidikan karakter kajian teori dan praktik di sekolah. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Koesoema A. Doni .(2010). Pendidikan Karakter: Strategi Mendidik Anak di Zaman Global, cet. ke-II, Jakarta: Grasindo.

Lickona, Thomas. (2013) Character Matters (persoalan karakter), Terj. Dari Character Matters oleh Juma Abdu Wamaungo dan Jean Antunes Rudolf Zien. Jakarta: Bumi Aksara.

Listyarti, Retno. (2012). Pendidikan Karakter Dalam Metode Aktif, Inovatif Dan Kreatif. Jakarta: Esensi Erlangga Group.

Majid, Abdul dan Dian Andayani. (2007). Pendidikan Karakter Perspektif Islam. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Megawangi, Ratna. (2004). Pendidikan Karakter Solusi yang Tepat untuk Membangun Bangsa. Jakarta: BP Migas dan Star Energy.

Moleong, Lexy. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Mu’in, Fatchul. (2011). Pendidikan Karakter Konstruksi Teoritik & Praktik, Yogyakarta: Ar Ruzz Media.

Muhaimin, Akhmad. (2011). Urgensi Pendidikan Karakter di Indonesia. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media).

Mulyasa, E. (2011). Manajemen Pendidikan Karakter, Jakarta: Bumi Aksara.

--------------. (2002). Kurikulum Berbasis Kompetensi, Konsep Karakteristik, dan Implementasi. Bandung: Remaja Rosda karya.

Muchlas, Hariyanto. (2011). Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Munir, Abdullah.( 2010). Pendidikan Karakter Membangun Karakter Anak Sejak dari Rumah, Yogyakarta: PT. Pustaka Insan Madani.

Nata, Abuddin. (1999). Metodologi Studi Islam, Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Nasution, (2007). Kurikulum dan Pengajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Nazir, Moh. (2011). Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.

Raco, J.R. (2010). Metode Penelitian Kualitatif Jenis Karakteristik, dan keunggulannya, Jakarta: PT. Raja Grafindo.

Salahudin, Anas. (2002). Pendidikan Karakter Pendidikan Berbasis Agama dan Budaya Bangsa. Bandung: Pustaka Setia.

Samani, Muchlas dan Hariyanto. (2002). Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: Pustaka Setia.

Saryono, dkk. (2010). Panduan Penulisan Ilmiah. Yogyakarta: UIN Yogyakarta Press.

Sugiyono. (2010)Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta.

Syaodih Sukmadinata, Nana. (2009). Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Tafsir, Ahmad (2009). Ilmu Pendidikan Dalam Perspektif Islam, Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.

Tafsir, Ahmad (2013). Ilmu Pendidikan Islam. Bandung: PT. Rosdakarya.

Undang-undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2005 tentang Sistem Pendidikan Nasional ( Sisdiknas). Jakarta: Sinar Grafika.

Wibowo, Agus. (2012). Pendidikan Karakter Strategi Membangun KarakterBangsa Berperadaban, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Zuriah, (2012). Metodologi Penelitian Sosial dan Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Zubaedi, (2012). Desain Pendidikan Karakter Konsepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan, Jakarta: Kencana Prenada Media Group.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.