PARADIGMA PENDIDIKAN ISLAM ABAD 21

Fahad Achmad Sadat

Sari


Di abad ke 21 ini, pendidikan menjadi semakin penting untuk menjamin peserta didik memiliki keterampilan belajar dan berinovasi, keterampilan menggunakan teknologi dan media informasi, serta dapat bekerja, dan bertahan dengan menggunakan keterampilan untuk hidup (life skills). Studi ini bertujuan untuk mengkajisecara mendalam tentang paradigma pendidikan Islam abad 21. Studi ini mengadopsi penelitian kepustakaan (Library Research) dimana berisi koleksi materi yang mendalam pada satu atau beberapa subjek. Adapun subyek atau materi yang dikaji dalam studi ini adalah mengenai. Secara umum dapat disimpulkan bahwa sistem pendidikan kecakapan hidup yang diselenggarakan di Pondok Pesantren Modern telah mencapai tujuannya yakni peningkatan terhadap kemandirian santri. Peningkatan kemandirian santri ditandai dengan adanya kemandirian secara emosional, kemandirian perilaku, dan kemandirian nilai bahkan terbentuknya kemandirian secara ekonomi seiring dengan meningkatnya ranah kognitif (cognitive domain), ranah psikomotorik (psychomotor domain), dan ranah afektif (afective domain) santri.

Kata Kunci


studi kepustakaan; paradigma abad 21; pendidikan Islam

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anwar. (2004). Pendidikan Kecakapan Hidup (Life Skill Education). Bandung: Alfabeta.

Baskoro, D. (2002). Life Skills: Konsep dan Aplikasinya. Jakarta: VISI No. 13. Direktorat Jenderal Pendidikan Luar Sekolah dan Pemuda Departemen Pendidikan Nasional.

Bently, T. (2000). Learning Beyond The Classroom; Educational For Changing World. London: Routledge Falmer.

Brolin, D.E. (1999). Life Centered Career Education; A Competency Based Approach (Third Edition). Reston VA

Daulay, H.P. (2007). Pendidikan Islam: Dalam Sistem Pendidikan Nasional di Indonesia (edisi pertama). Jakarta: Kencana Prenada Media Group. Depdiknas. (2001). Kebijakan Pemerintah di Bidang PLSP. Jakarta: Ditjen PLSP, Depdiknas.

Depdiknas. (2003). Pedoman Penyelenggaraan Program Kecakapan Hidup (Life Skills) PLS. Jakarta: Ditjen PLSP, Depdiknas.

Depdiknas. (2003). 15 Langkah Pelaksanaan Program Pendidkan Kecakapan Hidup. Jakarta: Ditjen PLSP, Depdiknas.

Dhofier, Z. (1990). Tradisi Pesantren, Studi tentang Pandangan Hidup Kiai. Jakarta: LP3ES.

Dimyati dan Mudjiono. (2002). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, S.B dan Zain, A. (2002). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Fathurrohman, P. (2000). Keunggulan Pendidikan Pesantren: Alternatif Sistem Pendidikan Terpadu Abad XXI. Bandung: Tunas Nusantara.

Fathurrohman, P. (Eds). (2004). Kontroversi dalam Pendidikan. Bandung: Q-Center Bandung.

Knowles, M. (1977). The Modern Practice of Adult Education: Andragogy versus Pedagogy. New York: Association Press.

Moleong, J.L. (2004). Metodologi Penelitian Kualitati. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mulyana, A. (2004). Penerapan Pembelajaran Partisipatif dalam Pendidikan Kecakapan Hidup Usaha Budidaya Stroberi. Bandung: PPS, UPI.

Nawawi. (2006). “Sejarah dan Perkembangan Pesantren”. Jurnal Studi Islam dan Budaya.P3MSTAINPurwokerto. 4(1), 4-19.

Nasution, S. (2003). Metode Penelitian Naturalistic Kualitatif Bandung: Tarsito.

Nazir, M. (1999). Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Poerwadarminta, W.J.S. (1991). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka

Rudiyanto, R. (2003). “Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) Berpendekatan Kontekstual dan Kecakapan Hidup”. Journal Pendidikan dan Pengajaran IKIP Negeri Singaraja (Edisi Khusus).

Satori, D. (2002). “Implementasi Life Skills dalam Konteks Pendidikan di Sekolah”. Journal Pendidikan dan Kebudayaan.

Satori, D., dan Komariah, A. (2009). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Suderadjat, H. (2003). Konsep dan Implementasi Pendidikan Berbasis Luas (BBE) yang Berorientasi pada Kecakapan Hidup (Life Skills). Bandung: CV. Cipta Cekas Grafika.

Sudjana, D. (2000). Manajemen Program Pendidikan untuk Pendidikan Luar Sekolah dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Bandung: Falah Production.

Sudjana, D. (2004). Pendidikan Nonformal, Wawasan Sejarah Perkembangan, Filsafat & Teori Pendukung serta Asas. Bandung: Falah Production.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sumahamijaya,S. Yasben, D. Agus, D D.(2003). Pendidikan Karakter Mandiri Dan Kewiraswastaan: Suatu Upaya Bagi Keberhasilan Program Pendidikan

Berbasis Luas/Broad Based Education Dab Life Skills. Bandung: Angkasa.

Trisnamansyah, S. (1992). Pendidikan Kemasyarakatan. Bandung: FIP IKIP.

Trilling, Bernie and Fadel, Charles. 2009. 21st Century Skills: Learning for Life in Our Times, John Wiley & Sons, 978-0-47-055362-6.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor: 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.